RSS

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP Negeri 1 Baturetno
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1.         Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.1. Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan (1 x 40 menit)

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi dengan tepat, teliti dan disiplin
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi teknologi informasi
v  mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan   komunikasi elektronika
v  Melalui setudi pustaka peserta didik dapat :
v  menjelaskan pengertian dan  fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang telekomunikasi
v  Disajikan seperangkat alat TIK, peserta didik mampu :
v  menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang teknologi informasi
v  menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi di bidang elektronika

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
a.       Bidang telekomunikasi
b.      Bidang teknologi informasi
c.       Bidang Elektronika
Fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi

Materi :
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
 

1.1  Sejarah

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.

1.2  Penerapan TIK dalam Pendidikan di Indonesia

Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.

1.2.1        Buku Elektronik

Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD atau compact disk (kapasitas sekitar 700MB), DVD atau digital versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 16 GB). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.

1.2.2        E-learning

Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning. Definisi yang lebih luas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupun televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun radio dan televisi pendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan teknologi internet. Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber belajar yang disediakan oleh narasumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki. Bila diperlukan dapat pula disediakan mailing list khusus untuk situs pembelajaran tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi. Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet. Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.

Referensi

  • Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan            :  CTL
Model                    :  Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
·         Memberika motivasi pentingnya TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi
            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab. komputer, Nama Sekolah dan sekitarnya
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mencari  informasi di media cetak (buku, majalah dsb.) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
F  Mengerjakan lembar kerja.
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang


Ø  Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis




Tes Tertulis
Uraian




Uraian
Tunjukkanlah gambar  yang termasuk  peral-atan teknologi informasi dan sebutkan nama peralatannya.

Jelaskan fungsi dari faximail!
        
Lembar Observasi
No
Aspek yang dinilai
Skala kuantitatif
Nilai =
4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
1
Menunjukan alat input




2
Menunjukan alat pemerosesan data




3
Menunjukan alat output




4
Menunjukan alat trasfer data





Jumlah
8
3
2
-


Nilai = Jumlah Skor Perolehan  x 100 = 13   x   100 =  81,25
            Jml Skor maksimal                           16

Keterangan:
Berikan tanda check ( V ) pada kolom yang sesuai
            4 jika selalu muncul
            3 jika sering muncul
            2 jika kadang-kadang muncul
            1 jika tidak pernah muncul


Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Baturetno



Kavinji, S.Pd, M.SI
NIP: 19650904 198803 1 009

Baturetno,    Juni 2011
Guru Mapel TIK.



Tri Widiyastuti, S.Kom
NIP: 19830617 201101 2 008



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP Negeri 1 Baturetno
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami penggunaan TIK dan prospeknya di masa datang

Kompetensi Dasar
:
1.2 Mendeskripsikan sejarah perkembangan TIK dari masa lalu sampai sekarang
Alokasi Waktu
:
2 x  pertemuan ( 2 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik mampu :
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang telekomunikasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat TIK dalam bidang informasi
·         Menjelaskan perkembangan perangkat Tik dalam bidang etika
·         Mendeskripskan perkembangan perangkat TIK beserta fungsinya dan dampaknya

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
  1. Sejarah tentang perkembangan bidang telekomunikasi
  2. Sejarah tentang perkembangan komunikasi
  3. Sejarah tentang perkembangan informasi
  4. Perangkat-perangkat TIK dari tradisional sampai modern

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan  CTL
Model: Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan peserta didik tentang keuntungan dan kerugian dampak TIK
F  Mencari informasi di media cetak (buku, majalah dsb) tentang sejarah perkembangan TIK
F  Menjelaskan fungsi beberapa perangkat TIK
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Pertemuan Kedua
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menerangkan tentang Sejarah perkembangan TIK
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
           
2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menyampaikan sejarah perkembangan TIK dari tradisonal samapai moderen
F  Menyampaikan sejarah perkembangan TIK secara elektronik  dari generasi pertama sampai generasi terakhir
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Mengerjakan lembar kerja


E. Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku teks, lembar kerja, VCD dsb.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi infomasi dan komunikasi


Ø  Mendeskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi  beserta fungsinya
Tes tertulis




Ter tertulis
Uraian/ pilihan ganda


Uraian
Jelaskan berbagai penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Deskripsikanlah  fungsi peralatan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan perkembangan penemuannya!
        

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Baturetno



Kavinji, S.Pd, M.SI
NIP: 19650904 198803 1 009

Baturetno,    Juni 2011
Guru Mapel TIK.



Tri Widiyastuti, S.Kom
NIP: 19830617 201101 2008





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP Negeri 1 Baturetno
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas / Semester
:
VII / 1
Standar Kompetensi
:
Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.3. Menjelaskan peranan teknologi informasi dan
       komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit.
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
  2. Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
  3. Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

Materi Ajar :
  1. Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari.
Metode Pembelajaran :
  1. Diskusi
  2. Tanya Jawab
  3. Penemuan dari telaah pustaka
Pendekatan CTL dan life skill.
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
  1. Kegiatan Pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
    1. Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.
    2. Menyampaikan tujuan pembelajaran

  1. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati tayangan tentang peran teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F   Mengamati peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari di berbagai bidang.
F  Melakukan studi pustaka tentang peran teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan.
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F  Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber / Alat pembelajaran :
  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Multimedia
Penilaian :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menyebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan

Ø  Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Tes tertulis



Tes tertulis
Uraian



Uraian


Sebutkan  peran teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang kehidupan!

Jelaskanlah peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!
        

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Baturetno



Kavinji, S.Pd, M.SI
NIP: 19650904 198803 1 009

Baturetno,    Juni 2011
Guru Mapel TIK.



Tri Widiyastuti, S.Kom
NIP: 19830617 201101 2 008















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP negeri 1 Baturetno

Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas / Semester
:
VII / 1

Standar Kompetensi
:
Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Prospeknya di masa mendatang

Kompetensi Dasar
:
1.4. Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari
penggunaan teknologi informasi dan   komunikasi.

Alokasi Waktu
:
1 X 40 menit.




I
Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :
·  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
·  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan kkomunikasi.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

II
Materi Ajar :
·  Keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
·  Keuntungan penggunaan produk teknologi informasi dan komunikasi.
III
Metode Pembelajaran :
·  Diskusi dan ceramah
·  Tanya Jawab
·  Penemuan dari telaah pustaka
·  Pendekatan CTL dan life skill.
IV
Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran.
1. Kegiatan Pendahuluan :
apresiasi  dan motivasi  :
a.       Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan menggunakan perangkat dan produk teknologi informasi dan komunikasi.
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
F  Menarik kesimpulan tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.

V
Sumber / Alat pembelajaran :
·  Perangkat TIK
·  Buku paket + literatur tambahan
·  Multimedia
VI
Penilaian :
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi

Ø  Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi
Tes tertulis




Tes tertulis
Uraian




Uraian
Sebutkanlah keuntungan- keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi!

Sebutkanlah berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan komunikasi!
        

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Baturetno



(Kavinji, S.Pd, M.SI
NIP: 19650904 198803 1 009

Baturetno,    Juni 2011
Guru Mapel TIK.



Tri Widiyastuti, S.Kom
NIP: 19830617 201101 2 008



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP Negeri 1 Baturetno
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
1. Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar
:
1.5 Mengidentifikasiberbagai dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi .
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan ( 1 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu
  • Mengidetifikasi dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan   komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
  • Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan tekonologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.
  • Menjelaskan dampak negatif penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  • Menjelaskan dampak negatif dari produk yang dihasilakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi .

  • Karakter siswa yang diharapkan :    Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.     Materi Pembelajaran
Perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif
·         Bidang telekomunikasi
·         Bidang teknologi informasi
·         Bidang Elektronika

Produk yang dihasilkan dari teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak negatif.
·         Bidang telekomunikasi
·         Bidang teknologi dan informasi.
·         Bidang Elektronika.
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
      Model Cooperative Learning

D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
apresiasi  dan motivasi  :
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang dampak negatif penggunaan  teknologi informasi dan komunikasi
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran.

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan produk teknologi dan informasi dan komunikasi yang dapat berdampak negatif.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok .
F  Memberikan contoh dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
F  Melakukan studi pustaka untuk mengetahui dampak negatif  teknologi informasi dan komunikasi.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi



E.     Sumber Belajar
Perangkat TIK (komputer, telepon/ hand-phone, faximail, multi media dll.), buku paket, lembar kerja, dsb.

F.      Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan

Ø  Mengidentifikasi dampak negatif dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
Tes tertulis





Tes tertulis
Uraian





Uraian
Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari!


Sebutkanlah dampak negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan!

        

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Baturetno



Kavinji, S.Pd, M.SI
NIP: 19650904 198803 1 009

Baturetno,    Juni 2011
Guru Mapel TIK.



Tri Widiyastuti, S.Kom
NIP: 19830617 201101 2 008





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP Negeri 1 Baturetno
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar
:
2.1 Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
Alokasi Waktu
:
1 x pertemuan (1 x 40)

  1. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangat peralatan komputer di lab. Komputer, peserta didik dapat :
·         menunjukan tombol - tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
·         menjelaskan fungsi tombol-tombol yang digunakan untuk menghidupkan komputer
·         menjelaskan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar
·         mendemonstrasikan 3 langkah menghidupkan komputer ( proses cold  boot ) atau memulai Windows secara tepat dan benar

·         Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

 B. Materi Pembelajaran
Mengaktifkan komputer

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL Model Direct Learning, Cooperative Learning

  1. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mengamati dan menunjukan nama dan fungsi tombol-tombol untuk mngaktifkan komputer
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemontrasikan proses cold boot  dengan langkah secara tepat dan benar
F  Mendemontrasikan proses warm boot jika komputer hang dengan langkah secara tepat dan benar
F  Mengerjakan lembar kerja.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi

E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer


Ø  Melakukan proses ”cold boot


Ø  Melakukan proses ”warm boot
Tes praktik (kinerja)



Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)
Tes Identifikasi



Tes uji kerja

Tes uji kerja

Tunjukkanlah tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer!


Aktifkanlah komputer melalui proses ”coldboot”!

Aktifkanlah komputer melalui proses ”warmboot”!
 Lembar Observasi
No
Instrumen
Skala kwantatif
Nilai =
5
4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
1
Tombol power listrik






2
Tombol stavol / stabilizer






3
Tombol monitor






4
Tombol Power CPU







Jumlah







Total jumlah



No
Instrumen
Skala kwantitif
Nilai =
5
4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
A
Menghidupkan komputer ( Cold boot)






1
Mengecek aliran listrik/Menghidupkan monitor






2
Mengecek disk drive A dalam keadaan kosong atau berisi






3
Menekan tombol power dan menunggu layar utama Window muncul






B
Proses warm boot






4
Menggunakan key board






5
Mengunakan tombol yang ada pada CPU







Jumlah







Total jumlah


Catatan:
SP = Skor Perolehan    Smax = Skor Maksimal=25

Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Baturetno



Kavinji, S.Pd, M.SI
NIP: 19650904 198803 1 009

Baturetno,    Juni 2011
Guru Mapel TIK.



Tri Widiyastuti, S.Kom
NIP: 19830617 201101 2 008


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah            
:
SMP Negeri 1 Baturetno
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
2. Mengenal dasar operasi komputer
Kompetensi Dasar
:
2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur
Alokasi Waktu
:
1 x pertemua ( 1 x 40 )

A. Tujuan Pembelajaran
Disajikan seperangkat komputer dalam keadaan hidup,peserta didik mampu :
·   menjelaskan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse
·   menjelaskan  4 langkah mematikan komputer dengan menggunakan key board
·   mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )
·   mendemonstrasikan 4 langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard  secaara tepat dan benar ( lembar uji prosedur )

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
Mematikan komputer 

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
      Model Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menunjukkan tombol dan fungsinya untuk proses mematikan komputer
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Peserta didik membentuk kelompok  untuk praktek.
F  Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan mouse
F  Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan keyboard

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang cara mematikan komputer dengan prosedur yang benar.

E. Sumber Belajar
Komputer, buku reverensi, lembar kerja.

F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur

Ø  Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
Tes praktik (kinerja)


Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja


Tes uji kerja

Matikanlah komputer menggunakan fungsi perintah!


Matikanlah komputer dengan menggunakan fungsi tombol pada hardware!

Uji prosedur
No
Instrumen
Skala kwantatif
Nilai =

4
3
2
1
Jsp/jsm x 100
1
Mematikan komputer menggunakan mouse






2
Mematikan komputer menggunakan keyboard







Jumlah







Total jumlah




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Baturetno



Kavinji, S.Pd, M.SI
NIP: 19650904 198803 1 009

Baturetno,    Juni 2011
Guru Mapel TIK.



Tri Widiyastuti, S.Kom
NIP: 19830617 201101 2 008



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah            
:
SMP Negeri 1 Baturetno
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/  Semester
:
VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi
:
2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer
Kompetensi Dasar
:
2.3. Melakukan operasi dasar pada operating sistem dengan sistematis.
Alokasi Waktu
:
4 x pertemuan (4 x 40 menit)

A.     Tujuan Pembelajaran
  • Peserta didik dapat menggunakan shortcut pada desktop icon untuk mengaktifkan Windows Explorer dengan tepat.
  • Peserta didik dapat membuka tampilan Windows Explorer melalui tombol Start dengan tepat.
  • Peserta didik dapat membuat folder melalui menu bar pada layar Windows Explorer dengan tepat.
  • Peserta didik dapat membuat folder baru melalui menu bar dengan tepat.
  • Peserta didik dapat menyatukan file-file ke dalam satu folder dengan cara draging dengan tepat.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Sistem operasi
Pengelolaan file dan folder

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan   : CTL
      Model           : Cooperative Learning

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan Windows Explorer dalam managemen file dan folder.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemonstrasikan cara mengaktifkan dan menggunakan windows explorer melalui desktop icon dengan bantuan mouse.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon.
F  Pemberian tugas.

Pertemuan kedua
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemonstrasikan cara mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran mengaktifkan windows explorer melalui tombol start.

Pertemuan ketiga
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
·         Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Mendemonstrasikan cara membuat folder baru melalui menubar.
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemonstrasikan langkah cara membuat folder baru melalui perintah shortcut.
F  Menyalin, menghapus, file dari document yang ada ke folder yang baru dibuat

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang pembuatan folder baru.
F  Pemberian tugas.

Pertemuan keempat
            1. Kegiatan Pendahuluan
·         Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan Windows Explorer.
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer.
·         Memberika motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan windows Explorer dalam managemen file dan folder.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

            2. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Menjelaskan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang Windows Explorer
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas Peserta didik membentuk kelompok diskusi
F  Mendemonstrasikan cara menyatukan file-file dengan cara draging.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
F  Menarik kesimpulan tentang pembelajaran tentang cara menyatukan file-file dengan cara draging.

E. Sumber Belajar
Perangkat Komputer
Buku Referensi


F. Penilaian 
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
Ø  Menggunakan sistem operasi (misalnya WindowsTM)

Ø  Menggunakan  file manager untuk mengelola file dan folder
(Membuat folder, mengganti nama folder, meng-copy file dari folder lain, mengganti nama file)
Tes praktik (kinerja)

Tes praktik (kinerja)

Tes uji kerja

Tes uji kerja

Aktifkan Shortcut pada desktop!
Aktifkan menu pada menu taskbar!

Buatlah folder pada My document!


No
Instrumen
Penilaian
Skor max
Skor perolehan
1.
Mengaktifkan windows explorer melalui desktop icon
2

2.
Mengaktifkan windows explorer melalui tombol start
2

3.
Membuat folder baru melalui menubar
4

4.
Menyatukan file-file ke dalam satu folder
2

Jumlah
10

Nilai = x 100




Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 1 Baturetno



Kavinji, S.Pd, M.SI
NIP: 19650904 198803 1 009


Baturetno, Juni 2011
Guru Mapel TIK.



Tri Widiyastuti, S.Kom
NIP: 19830617 201101 2 008




Selengkapnya - RPP

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS